PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

CIQS Merauke dan Badan Pengelola Perbatasan Lakukan Sosialisasi Penanganan Pelintas Batas




Merauke (28/11). Customs, Immigration, Quarantina (CIQ) Merauke bersama Badan Pengelola Perbatasan Daerah dan Koramil Ninati melakukan sosialisasi penanganan pelintas batas orang dan barang di PT. PAL.

Sosialisasi dilakukan karena adanya laporan meningkatnya pelintas batas RI-PNG sekitar wilayah PT PAL yang terletak di Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel.

Pelintas batas di wilayah RI-PNG masih bersifat tradisional, sehingga dalam melakukan sosialisasi bertemu secara langsung dengan lintas batas sekaligus menyampaikan aturan serta larangan pemasukan media pembawa dan harus ditaati oleh pelintas batas.

Sudirman, Kepala Karantina Pertanian Merauke menyampaikan tugas dan fungsi Karantina Pertanian.

"Selain mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPTK, Karantina berfungsi sebagai keamanan pangan dan pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) dan genetically modified organism (GMO)." ujarnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Karantina Pertanian tidak bisa bekerja sendiri. Perlu membangun komunikasi dengan stake holder lainnya.

"Perlu sinergitas dengan instansi vertikal/pusat, instansi daerah, TNI dan yang terpenting peran masyarakat setempat dalam menjaga Merauke dari HPHK/OPTK" tambahnya.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianMerauke