PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Jaga Akurasi, Alat Laboratorium Di Kalibrasi




Merauke - Karantina Pertanian Merauke memiliki sejumlah alat laboratorium dalam menunjang tugas dan fungsi perkarantinaan. Peralatan laboratorium yang dimiliki diharapkan dapat menjamin peneguhan diagnosa agar akurasinya terjaga dan konsisten. Sehingga hasil pengujian dapat dipertanggung jawabkan.

Selama dua hari (07-08/11) sejumlah alat laboratorium karantina hewan dan tumbuhan kembali dikalibrasi oleh lembaga kalibrasi yang tersertifikasi KAN. Kalibrasi alat lab ini, merupakan yang kelima kalinya dilakukan sejak tahun 2016.

Alat ukur bisa rusak karena kurangnya akurasi setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu sehingga diperlukannya kalibrasi. Kalibrasi merupakan proses pengaturan dan pengecekan akurasi dengan cara membandingkan dengan standar yang telah ditetapkan oleh standar Nasional maupun internasional yang tersertifikasi.

"Melalui kalibrasi, kita ingin menjamin hasil setiap pengujian dan menjaga kondisi alat laboratorium sesuai dengan spesifikasinya. Hal ini sesuai dengan ISO/IEC 17025" ujar Abdul Rasyid, Koorfung Karantina Tumbuhan selaku Manajer Teknis Laboratorium.

Sejauh ini peralatan laboratorium digunakan untuk mendukung pengujian berupa sampel operasional dalam rangka monitoring, sampel uji banding, dan uji profisiensi.

SobatQ, ayo dukung Karantina Pertanian Merauke untuk semakin akurat dalam hasil pengujian. Mari kita bersama lindungi negeri

#LaporanKarantina

#KarantinaPertanianMerauke