PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Deteksi Keberadaan OPTK, Karantina Pertanian Merauke Lakukan Pemantauan




Merauke - Karantina Pertanian Merauke melakukan pemantauan OPTK (Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan dan penyebaran OPTK di wilayah kerja Karantina Merauke.

"Distrik Muting menjadi salah satu target daerah pemantauan. Banyak komoditas pertanian tumbuh disini, terutama tanaman hortikultura. Untuk itu kita jadikan titik pemantauan." ungkap Abdul Rasyid, Ketua Tim Pemantauan KT.

Salah satu target utama adalah lalat buah. Hama jenis ini merupakan hama yang sering dijumpai pada komoditas hortikultura. Serangan yang ditimbulkan merusak kualitas buah sehingga memberikan kerugian bagi petani.

"Untuk menangkap lalat buah maka dilakukan pemasangan perangkap yang telah diberikan atraktan. Menghasilkan aroma yang dapat menarik lalat buah, masuk ke dalam perangkap" tambahnya.

“OPT/OPTK yang ditemukan selanjutnya akan diidentifikasi di laboratorium. Hasil laporannya, menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan Badan Karantina Pertanian” tutup Abdul Rasyid, setelah menaruh perangkap.

SobatQ, Ayo dukung #KarantinaPertanianMerauke dalam mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPTK. Caranya dengan #LaporKarantina apabila ingin melalulintaskan hewan, tumbuhan, dan produk turunannya.

#KarantinaPertanianMerauke