PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Karantina Pertanian Merauke Tolak Daging Babi Asal PNG




Merauke - Karantina Merauke melalui Wilker PLBN Sota melakukan penolakan daging babi asal PNG. Hal tersebut didapati saat petugas Karantina bersama unsur CIQS sedang melakukan pengawasan pelintas batas di PLBN Sota pada Senin (03/05).

Dalam upaya mencegah penyebaran virus ASF, petugas Karantina segera menolak daging tersebut untuk dibawa kembali ke negara asal.

"Sebanyak 5 kg daging babi masuk Indonesia. Pelintas batas sudah kita beritahukan bahwa ada larangan pemasukan babi maupun daging babi" ungkap Ali Mursidi, paramedik Karantina Hewan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Karantina Pertanian Merauke mengatakan sedikit apapun media pembawa dapat menyebarkan penyakit.

"Tidak ada toleransi untuk masuknya HPHK ke Merauke. Penyakit ini penyebarannya cepat, sehingga merugikan peternak-peternak" ungkap Sudirman.

Sebagai informasi, ASF atau African Swine Fever adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 %. Virus ASF sangat tahan hidup di lingkungan serta relatif lebih tahan terhadap disinfektan.

SobatQ, sudah tau ya bahaya penyakit ASF. Yuk bantu #KarantinaPertanianMerauke dalam mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPTK dengan #LaporKarantina. Bersama melindungi negeri.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianMerauke