PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke

Karet Asal Bade Dikirim ke Surabaya




Merauke.- Salah satu hasil tanaman perkebunan yang terdapat di Kabupaten Mappi adalah berupa karet lembaran dan karet beku, tepatnya di Bade. Karet menjadi salah satu komoditas penggerak perekonomian masyarakat di daerah pedalaman.

Berulang kali karet asal Bade dipasarkan pada area domestik, salah satunya dikirim ke Kota Pahlawan, Surabaya. Ini tentu menjadi peluang dan tantangan bagi Pejabat Karantina dalam menjamin produk pertanian supaya aman dilalulintaskan.

"Kali ini kembali ada pengiriman karet sebanyak 46.915 kg tujuannya ke Surabaya. Pejabat Karantina selanjutnya lakukan pemeriksaan fisik, untuk memastikan karet tidak membawa OPTK" ungkap Harry Soloman, pemeriksa karantina tumbuhan Merauke.

Mendukung pengiriman karet tersebut, Kepala Karantina mengatakan bahwa produk pertanian lokal harus bisa dipasarkan ke luar Papua. Jika memungkinkan, maka kita dorong agar bisa ekspor.

"Multiplier effect yang ditimbulkan, mendorong peningkatan pendapatan dan roda ekonomi masyarakat di Bade" ungkap Sudirman, di sela-sela kegiatannya.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianMerauke